Beberapa Istilah Dalam Dunia Fotografi

Istilah FotografiBerfotografi memang sudah menjadi trand di jaman sekarang ini. Bagi anda yang baru belajar fotografi dan baru saja memiliki kamera diigital pasti sediakit asing dengan istilah yang ada. Seperti hal uang lain, di dlam dunia fotografi sendiri memiliki banyak istilah-istilah fotografi yang orang awam akan lumayan membingungkan.

Dalam kesempatan kali ini akan kita bahas dan bagikan khusus untuk pemula yang baru jasa memulai dan mengenal tips dan trik mengenai fotografi serta istilah – istilah fotografi umum yang sering di jumpai dama dunia fotografi. Semoga dengan adanya daftar istilah-istilah dalam dunia fotografi berikut ini akan membantu anda untuk belajar fotografi.

A (Auto Mode)
Adalah istilah untuk Mode Auto.Mode kamera pada set otomatis penuh, mulai dari pengaturan diafragmal/Aperture, Shutter Speed, Iso, Flash dan lain sebagianya.

ASA
Merupakan istilah untuk American Standards Assosiation atau sering disebut juga dengan istilah ISO (Internasional Organisation of Standarization).Parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat kepekaan dan sensitifitas cahaya.Tinggi rendahnya angka ASA akan menentuka tingkat kepekaan cahaya yang di terima lensa.

AF
Merupakan istilah untuk Auto Focus yaitu proses bekerjanya lensa secara otomatis untuk menemukan focus yang tepat dari objek yang akan di ambil dengan cara menekan setengah dari tombol Shutter.

Blur
Merupakan istilah untuk kekaburan seluruh atau sebagian gambar akibat gerakan yang disengaja atau pun tidak pada saat pengambilan gambar atau efek dari besar kecilnya diafragma.Halini bisa terjadi pada saat melakukan teknik panning atau zooming yang menggunakan kecepatan rendah.

Bulp
Merupakan istilah untuk Shutter Speed yang di tentukan oleh Photographer sesuai lamanya tombol shutter ditekan.

DOF
Merupakan istilah untuk Depth of Field,yang biasa disebut juga dengan ruang tajam, yaitu ruang tertentu pada gambar tampak lebih tajam dan terlihat detailnya, sementara ruang yang lain akan tampak lebih buram/blur.

Exif
Merupakan istilah untuk Exchangeable Image File. Informasi yang terekam pada saat pengambilan gambar yang berupa waktu, Jeniskamera, aperture, Shutter speed, dan lain sebagainya.

Tripot
Adalah kedudukan penyangga kamera. Terbentuk dari tiga pilar/kaki telescopis dengan berbagai ukuran sesuai kebutuhan.

Wide Angle
Adalah istilah untuk sudut yang melebar dan objek tampak menjati lebih kecil dan jauh.

Zoom
merupakan istilah untuk pengaturan jarak focal/Focal length pada lensa.

Zone System
Yaitu intilah untuk cara menghasilkan gambar dengan tingkat kontras yang di mulai dari tone warna hitam pekat ke tone warna putih sekali.

Itulah istilah istilah dalam dunia fotografi dan masoh banyak lagi istilah-istilah seperti Aperture, AV, AV priority, Blitz, Bounce, BackLight, Flash, Iso, Manual, OE dan masih banyak lagi.

Dari beberapa istilah istilah fotografi yang sudah di jelas kan semoga bisa membantu anda untu belajar fotografi dan membuat anda semakin mengerti tentang fotografi.

2 thoughts on “Beberapa Istilah Dalam Dunia Fotografi

  1. Bayu Adji

    biasanya kalo jepret2 harus tau angel nya ya gan?

    Reply
    1. hero2000 Post author

      Angel memang sangat di perlukan dalam fotografi, tujuannya agar menambah daya tarik foto yang kita ambil

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *