Belajar Teknik Foto HDR (High Dynamic Range) Dengan Mudah

ExpBracket

Belajar Teknik Foto HDR (High Dynamic Range) Dengan Mudah

Sekarang ini Fotografi sudah menjadi hobby bahkan sudah banyak orang” yang suka berfoto-foto dan di upload ke media sosial. Foto Merupakan media informasi, ekspresi, dan seni. Karena sebagai media ekspresi dan seni, banyak sekali macam macam teknik dan jenis foto. Biasanya orang yang baru saja kenal dengan dunia foto grafi alias pemula masih belum paham akan beberapa hal mengenai Fotografi.

Masalah bagi orang yang baru di dunia fotografi adalah seringkali down mental ketika melihat hasil karya para fotografer senior di bandingkan dengan karya kita. ketika seperti jangan lah putus asa dan kemungkinan anda belum memahami aspek oleh digital, sehingga foto yang di hasilkan tak sebagus dan kurang mempesona. bagi kalian yang masih bingung dan ketika memotret masih kurang bagus,di kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah teknik yaitu High Dynamic Range (HDR).

Dynamic Range adalah rentang kemampuan sebuah kamera merekam tingkat kontras. seperti kita ketahui, dialam ada kecerahan yang bertingkat-tingkat, dari matahari yang sangat terang sampai kolong tempat tidur yang gelap total. Dalam tingkat yang lebih rendah, tingkat kecerahan bisa di lihat dari langit cerah sampai bayangan di bawah pohon. Anda mungkin memotret sebuah pemandangan yang mengandung langit cerah dan bayangan bisa tampak semua detail di kedua bagian itu.

Maka yang disebut fotografi HDR adalah Fotografi yang bisa merekam rentang dinamik selebar mungkin dengan berbagai cara. Dalam fotografi HDR (High Dynamic Range) adalah foto yang di peroleh dengan mengkombinasikan beberapa foto dengan tone yang bervariasi sehingga menghasilkan satu foto yang memiliki rentang tonal melebihi kemampuan asli kamera.dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa HDR itu adalah foto yang bisa menampilkan detail antara gelap dan area terang yang kontrasnya tinggi.

Bagi kalian yang baru saja mengenal tentang fotografi dan belum tau tentang teknik HDR berikut teknik HDR yang mungkin bisa anda pelajari.

1. HDR dengan bracketing

Bracekting (BKT) adalah teknik pengambilan foto pada obyek yang sama dengan pengaturan yang berbeda. Biasanya diambil 3, 5 atau 7 jepretan: low exposure (EV di negatif: -1, -2 dst), normal exposure, dan over exposure (EV di positif: +1, +2, dst).Fasilitas bracketing ada di setiap kamera DSLR. Pada beberapa kamera tinggal pijit tombolnya yang bertanda “BKT”, atau pada beberapa kamera diatur di layar menu dan pilih Bracketing.

Setelah foto diambil dengan teknik bracketing lalu dimasukkan ke dalam software HDR, atau bisa juga dipadu sendiri oleh kamera yang memiliki fasilitas multiple exposure (ME). ME diaktifkan dulu lalu ambil foto dengan EV yang berbeda, kamera akan otomatis memadukan ketiga foto tersebut. Nyaris tanpa software.

2. HDR tanpa Bracketing

Jika bracketing agak menyusahkan, jangan khawatir foto yang sudah ada pun (single image) bisa dijadikan HDR. Meskipun hasilnya tidak se-greng yang diambil dengan teknik bracketing tapi hasilnya enak dilihat. Caranya adalah dengan menggunakan software HDR, namanya: Dynamic Photo HDR. Software dengan lisensi freeware dapat didownload secara gratis, fitur software meskipun gratis tetapi sangat lengkap.

Tak memerlukan pengetahuan dan skill editing yang ribet dalam mengoperasikan software HDR ini. Tinggal OK dan OK saja sudah jadi. Ketika ingin full HDR tinggal pilih “Full HDR”. Untuk memunculkan detail dan warna HDR standar pilih “Pseudo HDR”, dan ini hanya dibutuhkan waktu 2 menit. Untuk menyesuaikan warna dan detail yang lebih kompleks pun tidak ribet tinggal geser-geser tombol saja.

Bagi yang ingin download software HRD dapat downlaod disini

Itu tadi beberapa penjelasan tentang Teknik foto High Dynamic Range (HDR). semoga dengan penjelasan di atas anda bisa lebih memahami tentang teknik-tekni berfotografi.

Berikut beberapa contoh foto HDR yang luar biasa dari master-master fotografer :

Foto HDR Kapal Rusak

31-awesome-hdr-pictures-will-amaze-you-15

Foto HDR Perkotaan

953669278_349a6a9897_o-900x591

Foto HDR Gedung

cityscape_hdr_by_vazagothic

 

Foto HDR Menara EfielHigh_Dynamic_Range_HDR_Photography_94

Baca juga informasi seputar dunia fotografi lengkap disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *