Belajar Teknik Panning Atau Foto Benda Bergerak

PanKali ini kita akan mempelajari cara memotret objek bergerak. Sebenarnya, jika kita tidak terlalu mahir dengan cara ini, biasanya hasil dari pemotretan yang ada adalah buram atau bahkan objeknya akan tidak jelas. Nah, untuk itu disini akan dibaahas dengan sedetail mungkin terkait dengan cara memotrer objek bergerak atau yang biasa disebut dengan teknik Panning.

Teknik Panning ini merupakan teknik yang khusus dan butuh kebiasaan dalam mengambil gambar seperti ini. Dalam keadaan ini, gambar akan fokus pada satu titik dimana dari background sendiri akan terlihat seperti blur, sehingga hasilnya adalah menggambarkan bahwa objek tersebut benar benar dalam kondisi bergerak.

Cara ini biasanya digunakan dengan cara menggerakkan kamera searah dengan pergerakan dari objek yang akan anda ambil. Jika anda ingin mempelajari teknik ini, pastinya butuh waktu dan kebiasaan agar mendapatkan hasil dari objek tersebut dengan hasil yang memuaskan.

Berikut ini cara memotrer objek bergerak :

Gunakan Mode Auto Fokus
Tool ini pastinya menjadi hal yang utama jika anda mengharapkan teknik Panning ini berjalan dengan baik. Pasalnya, jika objek yang akan kalian ambil tersebut bergerak, tentunya fokus daro kamera sendiri akan berubah-ubah. jadi saangat efektif sekali jika kalian menggunakan tool AF ini.

Gunakan Mode Shutter Priority
Biasanya teknik Panning ini digunakan dengan cara shutter atau kecepatan rana yang relative lambat. Dengan mode perhitungan kira kira sekitar sekitar 1/8 hingga 1/60. Jika anda tidak ingin repot repot dalam mempelajari teknik ini, maka yang kalian lakukan adalah dengan menggunakan mode shutter priority (mode Tv atau S). Sehingga kita hanya perlu mengatur speed dari Shutter yang kita inginkan.

Buat Objek Dalam Frame Yang Luas
Dalam teknik Panning ini memiliki kriteria tersendiri, dengan beberapa tahap kesulitan yang berbeda. Untuk teknik Panning yang tersulit adalah bagaimana caranya agar bisa mengambil gambar secara utuh. Nah ada saran khusus jika akalian masih dalam tahap pembelajaran yakni dengan cara menaruh objek pada frame yang cukup luas.

Dengan menaruh objek pada frame atau bidang yang luas, maka hasil dari teknik Panning akan sangat bagus. Yang dimaksudkan disini adalah agar kalian bisa mengambil gambar atau objek tersebut secara utuh.

Berikut beberapa contoh foto dari teknik panning :

teknik panning teknik panning teknik panning teknik panning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *