Cara Membuat Website Pribadi Gratis

webCara Membuat Website Pribadi Gratis – Mungkin saya tergolong baru mempunyai sebuah blog dan menulis artikel, kesusahan yang pertama saya rasakan yaitu saat ingin punya website tanpa biaya sedikitpun alias untuk belajar. Rasanya sangat tidak etis apabila kita harus mengeluarkan uang 300rb untuk membuat website sementara kita belum mengerti cara mengelola dan memaintanance website kita tersebut.

Jadi saya tidak ingin hal itu terjadi kepada pada pembaca sekalian, maka itu saya ingin membagi pengalaman saya saat pertama saya cara membuat website gratis dengan domain dan hosting 100% gratis, tanpa embel-embel yang tidak jelas. Tapi perlu diingat tidak ada hal yang gratis untuk selamanya, untuk domain hanya gratis selama 1 tahun (lumayan lah untuk proses pembelajaran).

Baik langsung saja pada tahapan atau cara membuat website gratis. Pertama yang kita lakukan adalah membuat domain gratis, disini kita menggunakan layanan domain gratis dengan dot.tk, mengapa saya nenyarankan untuk membuat menggunakan dot.tk karena domainnya cukup mudah diingat, karena sebagai contok domain akan beralamat : www.namadomainanda.tk ketimbang dengan domain gratis lainnya seperti eys.es, 16mb.com, hol.es dan lainnya.

Langsung saja kita masuk kelangkah pembuatan domain gratis tersebut:

1. Masuk ke situs www.dot.tk
2. Jika sudah anda akan masuk seperti tampilan di bawah, kemudian klick “Login Ke My DOT Tk”
01

3. Setelah anda klick maka akan muncul tampilan seperti dibawah, silahkan login menggunakan akum google atau facebook anda.
02

4. Setelah berhasil login, silahkan click ” Registe a My Domain” seperi gambar di bawah.
03

5. Lanjut dengan memasukan nama domain yang anda inginkan dan klick “Check Availibility” kemudian pilih domain yang anda inginkan dan click “Get Now” seperti contoh gambar dibawah.
04

6. Selanjutnya Click “Check Out”
05

7. Selanjutnya pilih masa aktif dari domain yang anda buat, maksimal hanya 1 tahun (1 tahun lumayan lama coy…) untuk selebihnya berbayar menggunakan $$$
06

8. Dan akan muncul tampilan seperti dibawah pertanda tinggal satu langkah lagi anda akan mempunyai domain gratis.
07

Silahkan click “Completed Order” dan selamat anda sudah memiliki domain yang anda inginkan.
08

Tapi tunggu dulu, bukan berarti semuanya sudah selesai.
Anda baru memiliki domain saja belum punya hosting, ibarat alamat rumah yang belum mempunyai rumah.
Oke…Oke… Kita lanjutkan ya untuk membuat hositng gratis. Langkah yang perlu dilakukan yaitu:

9. Buka tab baru pada layar komputer anda kemudian masuk ke situs www.idhostinger.com,
12

10. Seperti biasa jika anda belum mempunyai akun disini silahkan buat akun terlebih dahulu, klick “Buat Akun” sehingga akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, dan isi data-data anda atau masuk dengan akun goolgle/facebook anda.
13

11. Kemudian anda akan di arahkan ke cpanel.idhostinger, klick “Hosting” dan masuk kedalam pilihan “Order Hosting Baru”
14

12. Pilih paket Hosting dengan yang gratis (kecuali anda rela bayar 30an ribu untuk setiap bulan, hehehe)
15

13. Ubah type domain menjadi “Domain” kemudian isi nama domain anda, buat password anda dan click “Lanjutkan” seperti contoh gambar dibawah.
16

14. Isi discription tujuan anda membuat hosting, kemudian click kotak disamping tulisan “saya bukan robot”  lalu lanjutkan dengan mengclick “Order” (liat gambar dibawah)
19

15. Anda akan diarahkan lagi ke dasboar cpanel.idhostinger, kemudian klick pada cpanel “kelola”
20

16. Selamat Hosting anda sudah selesai, sekarang alamat rumah anda sudah memiliki rumah untuk menampung alamat tersebut. Akan tetapi hosting anda masih belum bisa digunakan karena server belum terhubung dengan tempat dimana anda membuat domain anda (bisa diliat ada tulisan bagian atas panel tersebut).
Selanjutnya kita akan mengarahkan server ketempat dimana domain anda dibuat,,,
Pertama-tama click pilihan “Detail” pada cpanel
21

17. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.
22

18. Pindah ke tab pertama saat anda membuat domain anda, kemudian click “Domain” dan masuk ke “My Domain”
09

19. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, kemudian click “Manage Domain”
10

20. Lalu Click “Management Tool” dan masuk ke “Neme Server”
11

21. Sehingga akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, kemudian pilih”Use costum nameserver (enter below}”, dan isi nameserver 1-4 sesuai dengan name server yang ada pada cpanel.idhostinger tadi seperti contoh gambar dibawah. Selanjutnya yang terakhir click “Change Nameserver”
23

22. Jika berhasil akan muncul layar seperti gambar dibawah, proses pemindahan server memerlukan waktu antara 1 – 24 jam, tergantung tingkat kesibukan server jadi silahkan anda bersabar sebentar.
27

23. Silahkan di Logout dan close website pembuatan domain anda dan beralih fokus ke cpanel.idhostinger anda. Refresh layar cpanel.idhostinge anda, jika server sudah berhasil terpindahkan tulisan panjang pada atas panel akan hilang seperti gambar dibawah.
28

24. Selanjutnya kita masuk ketahap install WordPress. Pada tahap ini cukup mudah, cukup anda cari pilihan “Auto Installer” pada cpanel anda lalu click dengan mengucapkan bismillah (biar berkah hehe)
29

25. Lalu serching dengan menulis tulisan wordpress pada colom search, dan click pilihan”Wordpress”
30

26. Akhirnya sampailah kita diakhir Cara Membuat Website Gratis, click “Install” dan tunggu sampai proses selesai.
Selamat anda sudah memiliki Website sendiri dengan 100% gratis, dan silahkan mulai menulis artikel sendiri (jangan copas artikel orang lain),
32
Semoga apa yang menjadi pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk kita semua, dan silahkan tinggalkan komentar untuk apapun termasuk kritik dan sarannya.
salam Catatan Hisoka”

handphone-tablet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *