Cara Memotret Model Menggunakan DSLR Agar Terlihat Menarik

075312_fotograferPada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai fotografi dan beberapa tips cara memotret model supaya bisa mengahsilkan foto yang yang bisa di bilang bagus. Untok fotografer hal terpenting memotret model adalah exspresi, gestur atau gerakan tubuh, selanjutnya lain-lainya misalnya pencahayaan, background dan sebagainya.

Kalau mendengar kata model, bayangkan kita selalu pada sosok wanita yang cantik, muda dan memiliki tubuh yang bagus. Istilah ini sebenarnya salah, karena pengertian model adalah orang yang menjadi objek dalam sebuah foto. Mulai dari bayi, remaja, orang tua sampai kakek nenek. Bahkan seekor binatang pun bisa disebut model.

Salah satu cara memotret model adalah menguasai atau paling tidak mengerti unsur- unsur teknisnya. Karena sedap tidaknya sebuah foto dipandang tetap dibangun oleh unsur-unsur teori dasar fotografi. Tak perlu rumit-rumit,cukup dengan bermain main dengan komposisi dan pencahayaan, maka sebuah foto model bisa dibuat dengan benar.

Berikut adalah tips untuk memotret model yang harus anda perhatikan:

1. Konsep
sebelum memulai memotret model tentukan dulu konsep yang diinginkan. Agar si modelpun tidak bingung saat memilih kostum. Dengan konsep, foto model Anda akan lebih memiliki cerita dibandingkan memotret model tanpa konsep.

2. Properti
Pemanfaatan properti pun jangan disepelekan demi menciptakan suasana. Untuk itu usahakan memanfaatkan properti terlebih sesuai dengan konsep. Namun juga jangan terlalu berlebihan menggunakan propertinya. Jika anda lupa mempersipakan, manfaatkan properti yang sudah ada di lokasi.

3. Kostum dan Makeup
Dalam pemotretan model, make up dan kostum merupakan hal terpenting. Carilah kostum yang tepat dengan model dan konsep yang sudah ditentukan. Begitu juga dengan make up, buatlah makeup yang sesuai dengan konsep atau keinginan Anda. Kostum dan make up akan sangat mempengaruhi keberhasilan foto kita nantinya.

4. Waktu
jika kita melakukan pemotretan di luar ruangan, waktu yang ideal adalah jam 8-10 pagi dan 3-5/6 sore. Pada waktu-waktu tersebut cahaya matahari masih lembut. Sehingga bayangan yang muncul di bagian bawah kelopak mata, hidung dan leher tidak terlalu keras.

5. Lokasi
Carilah lokasi yang kira-kira cocok dengan konsep foto model Anda. Carilah lokasi seperti taman atau lainnya yang memiliki kondisi cahaya yang cukup dan tidak ramai. Kecuali Anda sudah memiliki peralatan lighting yang memadai.

6. Peralatan
Selain kamera+memory siapkan juga peralatan mendasar untuk memotret model. Reflector, sangat dibutuhkan memotret model yang berfungsi sebagai media pantul dari cahaya matahari atau disebut sebagai fill in light.

7. Komposisi dan Pengambilan Angle
Soal komposisi terkadang menjadi pilihan fotografer ingin seperti apa foto yang diinginkan. Aturan Rule of Third menjadi modal awal untuk memotret model dalam hal komposisi. Begitu juga dengan sudut pengambilan, misalnya potretlah obyek kita sejajar dengan obyeknya.

8. Olah Digital
Pada saat tertentu, karena kebutuhan konsumen atau lain halnya, kita kadang perlu mengolah sedikit maupun banyak akan hasil foto model kita. Penting untuk diperhatikan adalah tone/warna kulit, kostum dll. Berhati-hatilah dalam hal bermain warna, sebisa mungkin warna natural adalah pilihan yang aman.

Itulah beberapa tips fotografi untuk memotret model semoga bisa menjadi inspirasi buat anda.

BACA JUGA TEKNIK FOTOGRAFI LAINNYA atau
BACA JUGA BESIC FOTOGRAFI LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *