Cara Menentukan Fokus pada Kamera DSLR

Fokus Pada KameraPerlu kalian ketahui, elemen yang terpenting dalam teknik fotografi adalah Fokus. Nah, ketepatan dari fokus sendiri juga mempengaruhi dari tingkat hasil dari pengambilan gambar tersebut. Bahkan kalau kita tidak mahir dalam penggunaan dari fokus kamera, maka yang akan dihasilkan adalah gambar blur, tidak jelas atau kurang tajam.

Maka dari itu, disini kami akan memaparkan beberapa teknik cara menentukan fokus pada kamera DSLR yang benar. Sebenarnya, memang sangatlah diperlukan keahlian yang mumpuni, karena apaila terjadi beberapa kesalahan dalam menentukan fokus kamera hal tersebut juga akan membuat kualitas dari gambar yang dihasilkan akan menjadi kurang bagus.

Nah, yang jadi pertanyaan, ada beberapa fitur yakni fitur autofokus. Lantas, apakah dengan menggunakan fitur autofokus tersebut kita bisa mendapatkan gambar yang maksimal atau dengan hasil yang sangat bagus? Untuk menjawabnya, mari kita simak beberapa wacana dibawa sini.

Cara Menentukan Fokus pada Kamera DSLR yang Benar :

1. One Shot AF/Single Area AF (AF-S)
af_mode_600dJika anda menggunakan kamera Canon, maka anda akan menemukan One Shot AF sedangkan jika anda menggunakan kamera Nikon anda akan menemukan Single Area AF. Nama ini juga cukup jelas, AF yang diharapkan kamera akan memilih satu titik fokus lalu kamera akan mencari kontras pada titik tersebut.

Nah, jika kita menekan tombol Shutter setengah tombol, maka akan muncuk bunyi beep yang bertujuan untuk mengunci gambar pada titik fokus tersebut. Setelah itu jika kita menggeserkan kamera, maka titik fokus akan tetap terkunci. Namun pengambilan yang tepat untuk mode ini adalah digunakan untuk mengambil gambar diam atau gambar yang tidak bergerak.

2. Manual Focus/MF
unduhanSebenarnya yang saya suka adalah saat menggunakan pengaturan manual, pasalnya disini kita bisa men-setting kamera sesuai dengan kebutuhan kita. Bahkan gambar yang akan ddihasilkan akan bisa nampak dengan hasil yang sangat sempurna. Mode ini memerlukan perpaduan tangan yang menentukan fokus dan mata yang melihatnya.

Mode ini digunakan karena biasanya autofokus sendiri sering sekali melakukan kesalahan fokus. Maka jika anda merupakan expert photograper lebih baik anda menggunakan Manual Setting pada kamera anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *