Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Asap

AsapCara Menjaga Kesehatan Saat Musim Asap – Jika kita sudah merasakan tibanya musim kemarau pasti yang ada didalam pikiran kita yaitu kita tidak akan merasalan hujan dalam kurun waktu 6 bulan dan setiap siangnya cahaya matahari akan terasa sangat teriknya dan di ujung musim akan terjadi kekeringan air atau kemarau.

Semua itu memang pernah kita rasakan pada 10 tahun yang lalu, yang mana pada saat musim kemarau maupun musim hujan tidak sampai membuat penyakit untuk kita. Di Indonesia untuk musim kemarau antara Maret – Agustus dan musim hujan antara September – Februari.

Pada tahun-tahun ini setiap musim kemarau selalu diikuti dengan Asap yang sangat tebal, asap tebal tersebut akibat dari kebakaran hutan yang terus menerus sehingga asap tebal memenuhi atsmosfir yang ada disekitar kita.

Tahukan anda asap tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan kita, kerusakan setiap sel tubuh kita memicu beberapa penyakit seperti ISPA, Gangguan Pencernaan, ASMA, Batuk dan Pilek, serta masih banyak penyakit lainnya yang di sebabkan asap tersebut.

Nah kali ini saya akan memberikan 4 tips menjaga kesehatan saat asap, berikut beberapa tips agar kita tetap sehat di musim asap dan tetap menjalankan aktifitas kita :

1. Gunakan masker setiap kita bepergiaan keluar rumah
Pentingnya menggunakan masker saat kita keluar rumah bertujuan agar saat kita bernafas kita dapat menyaring udara yang penuh dengan asap tersebut, meskipun tidak 100% udara yang kita hirup menjadi bersih setidaknya kita dapat mengurangi asap yang kita hirup.

2. Jangan terlalu banyak keluar Ruangan
Hal tersebut sudah jelas untuk menghindari udara yang telah terkontaminasi dengan asap tersebut.

3. Tutup ruangan / rumah dengan rapat
Agar mencegah masuknya udara luar kedalam rumah kita sebaikan kita menutup pintu atau jendela kita dengan rapat, sehingga kita dapat bernafas didalam rumah dengan kondisi udara yan bersih

4. Perbanyak minum air putih
Banyak minum air putih berfungsi agar setiap zat yang kita hirup melalui asap tersebut dapat larut dengan air putih, sehingga mengurangi presentasi kita terkena penyakit.

Dan itulah 4 tips menjaga kesehatan disaat musim asap, semoga dapat membantu untuk menjaga kesehatan kita sehingga kita dapat menjalani aktifitas kita. Salam Catatan Hisoka…
handphone-tablet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *