Edit Foto Infrared Menggunakan Photoshop Dengan Mudah

Adobe-Photoshop-logo1

Edit Foto Infrared Menggunakan Photoshop Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat efek foto menjadi infrared menggunkan sofware yaitu photoshop. Membuat foto IR dengan photoshop kali ini cocok bagi penghobi fotografi yang belum memiliki kamera oprekan infra red namun lagi semangat belajar teknik fotografi. Karena foto yang dihasilkan dari kamera normal akan dengan mudah diubah menjadi infra red dengan Adobe Photoshop CS.

Meskipun dengan mudah cara membuat foto biasa menjadi infra red dengan photoshop ataupun dengan filter IR, akan tetapi kita harus menyadari karakter foto yang dihasilkan akan memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan hasil foto dari kamera infrared. Banyak faktor yang menyebabkan karakter foto infra red berbeda dengan hasil editing menggunakan software pengolah foto seperti Adobe Photoshop CS.

Tutorial cara membuat efek infra red (IR) foto landscape dengan adobe photoshop cs yang bisa Anda coba sendiri. Untuk edit foto model atau manusia bisa menyesuaikan sendiri, intinya hampir sama saja.

Berikut tutorial nya:

1. Buka file foto landscape yang ingin Anda buat menjadi foto infra red. Jangan lupa lakukan duplicate layer background agar foto asli tetap utuh.

2. Di layer duplicate ganti layer modenya dari normal menjadi overlay. Kemudian turunkan capacitynya menjadi sekitar 50%.

3. Setelah itu buat new adjustment layer > channel mixer, aktifkan/centang monochrome. Ubah nilai red menjadi 100, green menjadi 200 dan blue menjadi -200. Kemudian pindah posisi layer adjusment diantara layer background copy/duplicate dan layer background. Dan ganti apacitynya ubah menjadi sekitar 80%.

4. Pindah lagi ke layer background copy/layer duplicate, tambahkan new adjustment layer > hue/saturation. Klik kanan pada layer hue/saturation dan klik create clipping mask yang berguna agar perubahan hanya terjadi pada layer background copy saja.

5. Pada layer hue/saturation ubah chanel dari Master menjadi Yellow. Geser hue ke kiri atau ke kanan hingga mendapatkan perubahan warna efek IR yang diinginkan. Geser nilai saturation ke kanan untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

6. Sampai step di atas sebenanya efek infrared sudah didapat, pada bagian ini kami ingin menambahkan beberapa editing agar foto yang dihasilkan bisa mendekati hasil foto dari kamera IR.

7. Buat layer baru di atas layer hue/saturation, kemudian klik menu edit > fill. Ubah use menjadi 50% grey. Ubah mode layer mode dari normal menjadi soft light.

8. Kemudian kasih filter add noise pada layer baru di atas, centang monchrome dan uniform, ubah amount menjadi sekitar 15%.

9. Yang terakhir mengangkat background dan beberapa bagian yang terlihat sedikit gelap dengan menambahkan adjusment layer levels. Geser mide tone ke kiri sampai mendapatkan perubahan pencahayaan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas ,anda akan bisa membuat foto anda menjadi foto dengan efek infrared dan foto anda akan nampak lebih bagus dan sesuai dengan yang anda inginkan. Demikian sedikit ulasan tentang cara membuat foto efek infrared. semoga dengan penjelasan di atas bia memebuat anda semakin tahu dan menambah wawasan anda tentang fotografi.

BACA JUGA TEKNIK FOTOGRAFI LAINNYA atau
BACA JUGA BESIC FOTOGRAFI LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *