Istana Gebang di Jawa Timur

unduhan (1)Istana Gebang di Jawa Timur –¬†Jika pada artiket sebelumnya kita membahas tentang banyak tempat-tempat wisata di Jawa Tengah, Jawa Timur serta Kalimantan Tengah, nah kali ini kita akan sedikit membahas tentang peninggalan sejarah dari negara kita Indonesia, salah satu tempat bersejarah di Indonesia kita itu bernama Istana Gebang. Istana Gebang adalah rumah kediaman mantan Presiden Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur. Rumah ini berada di Jalan Sultan Agung Blitar, sekitar 2 kilometer dari Makam Bung Karno. Setiap tanggal 6 Juni, hari kelahiran Bung Karno, di rumah ini diselenggarakan acara haul dengan menampilkan berbagai macam kesenian.

Istana Gebang itu juga merupakan rumah tempat tinggal Orang tua Bung Karno. Rumah ini letaknya tidak jauh dari Makam Bung Karno kira-kira 2 km ke arah selatan, tepatnya di Jalan Sultan Agung No. 69 Kota Blitar. Rumah ini sebenarnya milik bapak Poegoeh Wardoyo suami dari Sukarmini, kakak kandung Bung Karno. Selain ditempati oleh kedua orang tua Bung Karno, ditempat ini pula Sang Proklamator pernah tinggal ketika masa-masa remajanya.

unduhan

Istana Gebang berdiri di atas lahan sekitar dua hektar. Keseluruhan bagiannya terdiri dari rumah utama, bagian ini terdiri dari ruang tamu yang cukup luas dengan perabot kursi model lama. Dan beberapa meja dan lemari kecil di sisi barat.

images (1)

Disebut Istana Gebang karena rumah yang terletak di atas lahan seluas hampir 2,4 hektar itu berada di Dusun Gebang Kelurahan Sanawetan Kecamatan Sanawetan Kota Blitar, Jawa Timur. Kota Blitar tidak terlalu luas. Jumlah penduduk Kota Blitar sesuai data Badan Pusat Statistik tahun 2013 sebanyak 146.603 jiwa.

images

Istana Gebang terletak di Jalan Sultan Agung nomor 57, 59 dan 61 Kelurahan Sanawetan, jantung kota Blitar. Akses menuju rumah orang tua Bung Karno ini tidak sulit. Pelataran parkirnya cukup luas. Istana ini juga masih sangat terawat bahkan perabot-perabotnya masih dapat digunakan. Di depan istana, berdiri kokoh dan rindang pohon yang disebut juru kunci istana Gebang, Bambang In Mardiono, yaitu cupudarat atau rindang atau pohon Gurdha atau pohon angker.

4819605

handphone-tablet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *