Lubang Jepang Bukit Tinggi

1407Setelah kemaren kita berbisacara mengenai tempat wisata yang kaya akan keindahan dan pesona alamnya yang indah, sekrang kita akan berbicara mengenai sebuah tempat wisata Gua atau lubang. Di jalan Panorama, Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecematan Guguk Panjang kota Bukit Tinggi Sumatera barat terdapat sebuah tempat Wisata yang kerap di kunjungi para Wisatawan yaitu Wisata Lubang Jepang.

Lubang Jepang ini sebenarnya lebih tepat di sebut terowongan (bunker) jepang. Di bangun tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan tentara jepang dalam perang dunia II dan perang asia timur raya. Atas pemerintah militer Angkatan Darat jepang untuk sumatera berkedudukan di Bukit Tinggi dengan Komandan Tentara pertahanan sumatera jend Watanabe.

Lubang jepang ini memiliki panjang sekitar 1400m dan lebar sekitar 2m. Tidak terhitung sudah ribuan orang tewas untuk membangun lubang jepang ini. Lubang tersebut di buat atas instruksi letjen Moritake Tanabe Panglima Devisi ke 25 Angkatan Darat Jepang.

Lampu menerangi Lobang Jepang Bukittinggi

Untuk membangun lubang ini, jepang memperkerjakan secara paksa orang-orang yang berasal dari jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Tidak ada orang Bukit Tinggi yang memperkerjakan lubang ini untu menjaga kerahasiannya. Lubang Jepang di Bukit Tinggi merupakan salah satu lubang yang terpanjang di asia mencapai lebih dari 6 kilometer dan beberapa tembus di sekitar kawasan Ngarai Sianok.

Saat Di temukan pertama kali pada awal tahun 1950, pintu Lobang jepang hanya 20cm dengan kedalaman 64meter. lalu setelah di kelola dan dibuka secara umum oleh pemerintah setempat pada tahun 1984, Mulut lubang tersebut di buat lebih nyaman untuk di lalui.

Pintu masuk lubang jepang ini berada di Taman Panorama yang memiliki pemandangan ngarai cukup indah.Biasanya para pengunjung akan di temani pemandu yang akan menarik biaya sekitar Rp60.000 dan akan keluar melalui lubang di ujung lain.

Jika anda sedang berkunjung atau sedang berada di kota Bukit Tinggi, Luangkan waktu anda untuk mengunjungi Lubang Jepang untuk mengetahui bagian dari sejarah Indonesia.

Baca juga tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia
img_20120614104823_4fd95f073c463

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *