Melirik Museum Negeri Kalimantan Barat

Museum Negeri Kalimantan Barat – Ups… ada yang terlupa dari Kalimantan Barat, jadi kita balik lagi ya untuk membahas tentang Wisata di Kalimantan Barat. “Beda Wisata Beda Pengalaman” Inilah yang akan terjadi jika kita melakukan wisata yang memang tidak sekedar wisaata atau bisa juga disebut sebagai wisata edukasi. Kali ini kami akan memaparkan beberapa informasi terkait dengan salah satu wisata budaya dan edukasi yakni Wisata Museum Negeri Kalimantan Barat.

museum-ptkSiapa yang menyangka, dibalik dari daerah yang bernama Kalimantan Barat ini yang juga jarang terekspose media, ternyata memiliki segudang sejarah yang dikoleksi dan ditaruh menjadi sebuah museum ternama. Museum Negeri Kalimantan Barat ini juga dibangun dengan tujuan sebagi wadah Lembaga Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Barat.

dsc_0016

Sejak tahun 1974 inilah Museum Negeri Kalimantan Barat ini dibangun yang kemudian baru diresmikan sebagai fungsionalistasnya sebaagai museum pada tahun 1983. Ya, butuh 9 tahun agar museum Negeri KalBar ini untuk bisa diakui sebagaimana museum museum pada umumnya.

9._Aneka_jenis_keramik_dari_berbagai_negara_juga_menjadi_bagian_dari_koleksi_Museum_Negeri_Kalimantan_Barat_1

Namun siapa sangka dengan dibangunnya museum Negeri Kal Bar ini, mampu untuk membina budaya lokal/daerah untuk memperkaya kebudayaan nasional. Tidak hanya itu, bahkan museum sebagai pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan kebudayaan.

detik_PA200130

Inilah yang dimaksudkan sebagai wisata edukasi dimana kita bisa meregangkan sejenak dari kegiatan keseeharian kita, namun disini kita bisa belajar sejarah dan budaya sehingga kita bisa lebih untuk menghormati, menjaga, dan melestarikan budaya yang ada.

museum-negeri-pontianak (1)

Sedangkan untuk beberapa aktivitas yang terdapat pada Museum ini juga meliputi pameran, bimbingan kepada pengunjung, karya tulis, konservasi/preparasi koleksi, survei, pengadaan koleksi, ceramah, sarasehan, sosialisasi, diskusi, penelitian, lomba lukis, cerdas cermat, dan lain sebagainya yang juga disana melibatkan masyarakat setempat.

museum-negeri-pontianak (2)

Semoga dengan informasi di atas terkait dengan Museum Negeri Kalimantan Barat ini bisa menjadi acuan anda untuk bisa berwisata sekaligus beredukasi untuk keluarga anda, cintailah Negeri kita ini dengan mengenal lebih dalam tentang Sejarah Indonesia tercinta.

 

Sekian dulu ya sobat, baca juga tempat-tempat Wisata lainnya ya,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *