Mengenal Teknik Foto Portrait Dalam Dunia Fotografi

397834706_6a46c6ada5_b-498947_560x420Pada kesempatan kali ini akan di bahas mengenai salah satu teknik dalam fotografi, salah satunya yaitu teknik foto portrait. Belajar fotografi portrait tidak pernah dibatasi oleh alat, kamera ponselpun bisa tetap menghasilkan foto portrait yang bagus asal anda tahu tekniknya.

Definisi foto portrait sendiri adalah foto yang menggunakan wajah seseorang sebagai obyek fotonya dan menonjolkan karakter manusia dalam foto itu. Dengan foto portrait berusaha menyampaikan karakter apa adanya, berbeda dengan motret model yang berusaha semaksimal mungkin posenya. Foto Portrait adalah jendela bagi suasana jiwa yang ada didalam individu yang dijadikan sebagai subyek foto.

Keindahan foto portrait terletak pada karakter yang terbangun dan dihasilkan dalam sebuah karya foto. Untuk menghasilkan foto portrait, kita bisa “make a picture” dan “take a picture”. Make a picture berarti kita menciptakan apa yang ingin kita hasilkan, model misalnya. Sedangkan take a picture berbarti kita memanfaatkan apa yang tersaji di di sekitar kita, apa adanya itulah yang kita ambil.

Yang perlu diperhatikan saat memotret foto portrait adalah komposisi Rule Of Third. Seperti yang sudah kami utarakan sebelumnya, komposisi akan membuat foto Anda memiliki dimensi dan kesan yang mendalam. Berikut beberapa tips untuk foto portrait yang bisa anda jadikan refensi.

Silahkan simak tips di bawah ini :

1. Berinteraksi
Cobalah untuk berinteraksi, kenalan dengan subjek yang ingin difoto. Berinteraksi dengan seseorang memang terdengar cukup sepele, namun hal tersebut sangat diperlukan untuk mencairkan suasana agar obyek lebih nyaman dan tidak merasa tegang. Bahkan dengan berinteraksi kita bisa menentukan tempat yang membuat obyek lebih nyaman. Hasilnya, ekspresi akan lebih rileks dan tidak terlihat kaku sehingga foto portrait yang dihasilkan akan lebih baik.

2. Sabar
Dalam foto portrait kita ingin menyampaikan pesan dan karakter obyek. Untuk itu bersabarlah, sembari berinteraksi tunggulah ekspresi yang paling berkarakter sampai mendapatkan bahasa tubuh yang menarik.

3. Perhatikan Komposisi
Anda bisa menggunakan prinsip Rule of Third atau menempatkan subyek pada 1/3 bagian dari frame. Beranilah bereksperimen dengan komposisi dan jangan takut melanggar prinsip “Rule of Third”.

4. Maksimalkan Cahaya Yang Ada
Pencahayaan sangat mendukung dalam menghasilkan foto portrait yang bagus. Tidak masalah jika kita tidak memiliki flash eksternal atau lighting yang canggih, jutsru kita bisa memaksimalkan pencahayaan alami dengan memperhatikan kondisi pencahayaan di sekitar agar bayangan yang jatuh pada obyek tidak terlalu keras.

6. Perhatikan Lokasi Sekitar
Misalnya memperhatikan background. Background dapat mendukung dan mengganggu hasil foto terlebih di area belakang kepala. Bila background menggangu maka sebaiknya memilih sudut lain atau pindah lokasi.

7. Koreksi atau Editing Untuk Hasil Sempurna
Saat ini sudah banyak aplikasi olah foto yang beredar, mulai dari yang sederhana hingga yang memiliki tools lengkap. Jika foto portrait yang dihasilkan masih kurang enak dilhat, jangan langsung membuangnya. Lewat aplikasi pengolah foto tersebut, Anda dapat memperbaiki komposisi, mengoreksi warna, hingga mengatur gelap terangnya.

Itulah beberapa tips untuk foto portrait, semoga dengan penjelasan tips di atas bisa membantu dan bisa menjadi inspirasi anda untuk bisa lebih kreatif lagi dalam berfoto portrait.

BACA JUGA TEKNIK FOTOGRAFI LAINNYA atau
BACA JUGA BESIC FOTOGRAFI LAINNYA

Berikut contoh dari foto portrait

Contoh-Lokasi-Foto-Portrait-Yang-Sempurna-550x365 pf1 portrait_photography_0163302

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *