Mengenal Teknik Fotografi Bulb Dan Cara Setting Pada DSLR

4d84f7e3cbc4d41661387cfecca5ea03Mengenal Teknik Fotografi Bulb Dan Cara Setting Pada DSLR

Sebelum kita masuk ke cara mensetting untuk pengambilan gambar Bulb, kita haru tahu apa itu teknik pengambilan gambar Bulb. Teknik pengamabilan gambar Bulb atau biasa disebut dengan teknik fotografi bulb merupakan teknik dengan menggunakan speed selambat mungkin.hasil dari speed yang lambat inilah yang akan menghasilkan lintasan cahaya. Teknik fotografi bulb ini sudah banyak dikembangkan, sehingga memunculkan banyak seni melukis dengan menggunakan cahaya.

Lihat contoh gambar bulb di bawah

3-gambar-fotografi-light-painting-atau-melukis-dengan-cahaya

Teknik Bulb ini juga sering di sebut teknik melukis dengan cahaya (light grafity), seperti halnya menggambar di atas kertas. namun perbedaanya adalah pada media yang di gunakan. melukisdengan cahaya adalah sebuah teknik yang menggunakan kamera sebagai lat untuk mereproduksi atau merekam cahaya, yang nantinya akan memadukan titik-titik cahaya menjadi sebuah gambar yang artistik.berikut trik untuk foto Bulb:

1. Membuat Konsep yang jelas

Sebelum melukan Bulb buatlah konsep yang jelas tentang teknik fotografi bulb seperti apa yang ingin anda hasilkan. pastikan juga konsep relavan dengan objke yang anda pilih. jika ingin membuat Light Painting, maka siapkanlah alat tambahan seperti senter atau benda lainya yang bisa menghasilkan cahaya untuk di gunakan membuat lukisan cahaya.

2. Pemilihan Waktu untuk Melakukan Bulb

Secara umum waktu yang pas untuk melakukan fotografi bulb adalah pada saat malam hari, atau bisa juga pada tempat/ruang yang gelap atau minim cahaya.jika anda memilih waktu siang hari maka carilah lokasi yang kurang cahaya dan gunakan bantuan filter CPL untuk meredup cahaya yang masuk. dan jangan lupa memilih waktu harus sesuai dengan konsep yang anda buat sebelumnya.

3. Pemilihan tempat untuk melakukan Bulb

Pilihlah tempat yang bebas dari cahaya liar seperti sorotan lampu dari kendaraan yang tiba-tiba melintas. jika memotret aktivitas kendaraan di jalan, maka lakukan pemotretan dari ketinggian atau dari sisi lain yang terhindar dari sorotan langsung lampu kendaraan.

Untuk setingan bulb , berikut adalah langkah langkah settingan bulb pada kamera:

1. Dirikan tripod dan pasang kamera anda dan juga shutter release.
2. Putar Thumb-wheel/ kamera anda dan letakan ke mode Manual (M).
3. Masuk ke pengaturan shutter speed lalu turunkan nilainya sampai anda mendapat mode bulb.

Untuk memulai teknik bulb, kita akan sedikit memberi cara untuk memulainya.

1. Beri aba-aba yang jelas pada hitungan ke berapa pelaku akan memulai melukis cahaya.
2. Sebelum memulai, tutupi cahaya dari senter atau benda lainya yang digunakan untuk melukis cahaya. Bisa menggunakan tangan atau lettakan di belakang badan.
3. Tekan shutter release untuk memulai memotret dengan mode bulb dan jangan lepas samapi objek selesai melukis.
4. Jika tidak memiliki shutter release, maka ubah kembali settingan shutter speed dan lettkan di nilai 30.
5. Apabil pelaku telah selesai melukis, maka tutup kembali cahaya dari benda yang digunakan untuk melukis. lalu lepas jari anda dari shutter release untuk mengakhiri pemotretan.
5. Terus ulangi sampai anda mendapakan hasil yang diharapkan.

Begitulah cara untuk melakukan dan mensetting pemotretan foto bulb,semoga dengan adanya penjelasan di artikel ini tentang fotografi Bulb anda akan semakin paham dan mengerti serta bisa secara leluasa menggunakan teknik ini dengan kreatifitas anda sendiri.

Baca juga informasi seputar dunia fotografi dan obyek wisata secara lengkap

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *