Pantai Delegan di Jawa Timur

Pantai-Delegan-SorePantai Delegan di Jawa Timur –¬†Pantai Delegan Pantai yang terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng dari Gresik kota berjarak sekitar 40 km, setelah dari Sidayu dan melewati hutan jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Dalegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi. Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata bahari. Pantai Delegan dibuka untuk umum sejak tahun 2003. Sebelumnya pantai ini belum pernah dikelola, hanya sekedar untuk tempat bermain anak-anak. Namun lambat laun pengunjung semakin banyak sehingga untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung kemudian dikelola oleh desa. Pantai Delegan memiliki luas 2.5 hektar dan pasirnya berwarna putih. Ombak yang ada disini cukup stabil. Sehingga banyak pengunjung yang sangat menikmati pantai ini dan tidak sedikit diantara mereka yang berenang dipantai.

delegan-12-mar-13

pemandangan pantai yang indah, membuat saya benar-benar merasa refreshing dari pemandangan kota. Sama halnya dengan wisata alam pada umumnya, pantai ini ramai dikunjungi pengunjung pada saat liburan ataupun akhir pekan.

karena lokasinya relatif strategis, berada di jalur wisata ziarah wali mulai dari Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Sunan Drajat di Lamongan, hingga Sunan Bonang di Tuban. Pengunjung Wisid didominasi dari Gresik, Lamongan, Sidoarjo, dan Surabaya dengan presentase rata-rata pengunjung adalah 60% wisatawan lokal Gresik dan 40% wisatawan luar kota. Kini menjadi tempat wisata alternatif sehngga banyak orang tertarik dengan pantai itu.

82735643

Pantai ini memang berbeda dengan Pantai Bolu-Bolu yang pernah saya kunjungi di Malang Selatan. Kedua pantai ini memang memiliki ombak yang cukup tinggi, namun Pantai Bolu-Bolu masih lebih tinggi karena masih berada di jalur Laut Selatan. Selain itu, di Pantai Bolu-Bolu, saya merasa berada di pulau milik pribadi karena hanya ditempati oleh tidak lebih dari 5 penduduk dan harus disebrangi dengan perahu. Sedangkan di Pantai Delegan ini, sangat terasa ramai sekali dengan pengunjung anak kecil dan keluarga.

Pantai Delegan (3)

handphone-tablet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *