Samboja Lodge, Penangkaran Orang Utan Dan Beruang Madu

Samboja Lodge –¬†Orangutan (Pongo pygmageus) dan Pulau Kalimantan seakan tak terpisahkan. Hewan primata khas Indonesia ini memang sejak lama menjadi primadona dunia satwa. Sayangnya, keberadaan orangutan makin terancam karena habitatnya yang terancam punah. Populasi orangutan terus menyusut setiap tahun dan kini hanya tersisa sekitar 50.000 ekor.

Beberapa orangutan masih sering kita jumpai di kebun binatang, namun kehidupan mereka tidak sebebas ketika hidup pada habitat aslinya. Lalu, masih bisakah kita melihat hewan lucu ini menikmati hidupnya seperti melompat dari pohon ke pohon di alam bebas? Tentu saja, asalkan kita tahu ke mana harus melangkah. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah tempat wisata yang berada di Kalimantan timur yaitu Penangkaran orang utan dan beruang madu Samboja Lodge.

menara-Bos-samboja-lodge-kalimantan-timur

Desa Samboja merupakan pusat konservasi yang dikelola oleh Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) dan tempat ini terbuka bagi wisatawan yang ingin mengatahui keberadaan orangutan. Saat berada di Desa Samboja, wisatawatan tidak hanya diajak berinteraksi dengan orangutan, namun bisa merasakan juga serunya bertualang menggunakan mobil 4WD melalui jalanan di sekitar hutan yang cukup sulit dilalui.

Jika ingin melihat panorama hutan Samboja Lodge, Anda bisa melihatnya dari menara pandang agar lebih leluasa melihat keseluruhan kawasan hutan Samboja yang menyegarkan mata.Ada satu keunikan yang bisa disaksikan di Samboja. Lebih dari 200 orangutan hidup dalam tujuh pulau kecil buatan sebagai habitat mereka. Tujuh pulau ini dipisahkan oleh aliran sungai yang cukup deras agar orangutan tidak keluar dari habitatnya.

orangutan1

Dari ketujuh pulau itu, hanya satu yang bisa dikunjungi wisatawan, sedangkan sisanya hanya bisa dilihat dari daratan. Pengelola memang membatasi kontak antara pengunjung dengan orangutan yang memang dilepaskan di tujuh pulau tersebut agar hewan liar ini bisa berkembang sesuai kondisi alam. Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan wisatawan adalah membantu pawang untuk menyiapkan makanan bagi orangutan, melakukan pengamatan perilaku atau menanam bibit pohon.

42353126

Selain orangutan, Samboja Lodge juga menjadi pusat rehabilitasi bagi beruang madu (Helarctos malayanus). Fauna yang menjadi maskot kota Balikpapan itu kini terancam punah karena maraknya perusakan hutan dan perburuan ilegal. Sebagian besar beruang madu yang dirawat di Samboja diperoleh dari penyitaan atau ditemukan dalam keadaan menyedihkan di alam bebas. Beruang madu di Samboja Lodge juga akan dilepas kembali habitatnya jika mereka sudah sembuh dan bisa mandiri.

42ea84f4fb2bcb99fb1cfc77b56436b2

Jika ingin berkontribusi, Anda dapat menyumbangkan uang, bahkan makanan untuk orangutan dan beruang madu yang ada di konservasi. Tidak hanya menikmati cantiknya hutan di Kalimantan, namun Anda juga dapat berbuat baik untuk kelestarian alam Indonesia. Untuk menuju tempat wisata ini, Dari Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, arahkan kendaraan Anda menuju Desa Samboja yang terletak di Kabupaten Kutai Kertanegara. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari bandara dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. Destinasi ini sangat cocok bagi Anda yang tak dapat berlama-lama di Balikpapan, tetapi ingin melepas lelah di alam bebas.

beruang-madu-kalimantan

Itulah sedikit ulasan dan penjelasan mengenai tempat wisata yang berada di Kalimantan timur yaitu Penangkaran orang utan dan beruang madu Samboja Lodge. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa menambah wawasan dan bisa anda jadikan refensi liburan bagi anda dan keluarga tercinta.

Baca juga tempat-tempat Wisata lainnya ya,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *