Taman Nasional Bukit Tigapuluh

air-terjun-tnaman-nasional-bukit-tiga-puluh-4_okSetelah kemarin kita membahas tentang taman wisata dan tempat wisata yang begitu indah dalam segi pemandangan alamnya sekarang kita akan membahas Tempat wisata yang tidak kalah indah nya dengan tempat wisata lainya. Di antara propinsi Riau dan propinsi jambi ,kawasan yang mencakup dalam propinsi Riau terdapat di kabupaten Indragiri hulu dan Kabupadan Inragiri hilir ini ada tempat wisata yang tidak kalah dari tempat wisata lainya yaitu Taman Nasional Bukit Tigapuluh.

Taman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan taman nasional kawasan hutan tropis dataran rendah dengan ekosistem asli yang masih tersisah di pulau sumatera.sebelum itu kawasan Taman ini merupakan hutan lindung dan hutan produksi terbatas.

Di Taman Nasional Bukit Tigapuluh menyimpan banyak kekayaan flora dan fauna yang luar biasa. Di dalamnya terdapat sekitar 660 species tumbuh-tumbuhan,246 di antaranya adalah tumbuhan obat-obatan yang sering di manfaatkan oleh penduduk sekitar.

taman-nasional-bukit-tigapuluh-tnbt-01

Selain itu, di kawasan taman nasional ini juga terdapat pohon nibung atau sejenis palem liar yang mirip dengan pohon pinang yang secara spesifik tergolong dari suku palmae. pohon ini tumbuh secara berumpun berbatang lurus dan memiliki ketinggian 20-30meter.

Bagi Masyarakat Riau ,pohon ini memiliki makna tersendiri, yaitu sebagai simbol semangat persatuan dan persaudaraan masyarakat Riau. Oleh karena itu, pohon ini kemudian di jadikan sebagai maskot Propinsi Riau. Di lihat dari kekayaan faunanya Taman Nasional Bukit Tigapuluh memiliki kurang lebih sekitar 59 spesies mamalia dan 8 diantaranya adalah jenis primata.taman ini juga habitat alami bagi harimau sumatera, gajah, macan, serta tapir melayu dan hewan jenis primata lainya.

tnbt4

Tidak hanya itu lebatnya pepohonan di Taman Nasional Bukit Tigapuluh juga merupakn habitat yang paling cocok bagi berbagai jenis Burung. Keistimewaan lain dari kawasan taman Nasional bukit Tigapuluh adalah sebagai tempat tinggal Suku talang mamak dan Suku Kubu dan kedua suku itu di anggap sebagai keturunan ras Proto- Melayu.

Untuk menuju lokasi Tman Nasional bukit tigapuluh pengunjung dapat memulai perjalanan dari arah Pekanbaru Riau, dari Pekanbaru pengunjung dapat menggunakan rute pekanbaru-siberida yang memkan waktu sekitar 4 jam. Dari sibereda pengunjung dapat langsung menuju tempat taman baik menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan mobil sewaan.

harimausumatera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *