Teknik Foto Dalam Ruangan Agar Pencahayaan Seimbang

Optimalkan-Kamera-DSLR-Untuk-Hasil-Yang-MemuaskanPada jaman yang medern sekarang ini banyak sekali orang-orang dari berbagai kalangan yang suka berfotografi entah itu untuk foto sebagai bahan penelitian atupun foto untuk hanyak bersenang senang dan posting di media sosial. bagi anda yang suka berfotografi dan baru saja kenal dengan dunia fotografi tentunya anda harus tahu beberapa tips yang bisa membuat foto anda kelihatan bagus ketika sedang mengambil foto dalam ruangan dan minim cahaya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana mengambil gambar di dalam ruangan dan beberapa tips supaya ketika anda dalam kondisi seperti itu, foto yang anda ambil bisa kelihatan bagus dan lebih natural. Bagi kalian yang baru saja terjun dalam fotografi, satu hal yang mungkin paling penting untuk di pelajari tentang fotografi yaitu bagaimana menguasai situasi ketika cahaya yang tersedia sangat terbatas.

Semua Orang bisa membuat foto yang bagus dengan cahaya terang, kamera dan lensa yang tidak terlalu mahal,juga keahlian mengedit foto. Mengambil foto di dalam ruangan minim cahaya merupakan salah satu tantangan terbesar bagi para fotografer pemula.

Berikut beberapa tips untuk mengambil foto di dalam ruangan :

1. Stabilkan Kamera
Karena salah satu pertimbangan paling penting tentang fotografi dengan cahaya rendah adalah shutter speed, maka penting untuk membuat kamera sestabil mungkin untuk menghindari goyangan. Peraturan umumnya adalah, untuk mendapatkan foto yang tajam kamu harus menggunakan tripod jika shutter speednya lebih tinggi dari focal length pada lensa (misalnya, kalau kamu menggunakan lensa 50mm dan shutter speednya lebih lambat dari 1/50 detik). Tripod jua penting saat kamu memotret beberapa foto dari frame yang sama dengan exposure yang berbeda.

2. Manfaatkan Cahaya Yang Ada
Jika Anda menggunakan hanya cahaya yang tersedia, bereksplorasi lah dan masukkan sumber cahaya ke dalam foto. Misalnya lilin, lampu, obor, dan sebagainya.

3. Gunakan Pakaian Terang
Jika Anda mengambil foto dengan cahaya redup, lebih baik kenakan pakaian terang seperti putih atau warna-warna pucat pada objek sehingga cahaya di sekelilingnya bisa terpantul dengan baik.

4. Gunakan Reflektor
Sumber cahaya yang redup misalnya lampu sudut atau cahaya matahari terbenam bisa dimanfaatkan secara strategis dengan menggunakan reflektor. Alat ini bisa mengambil cahaya yang sedikit tadi lalu memantulkannya ke arah objek secara merata, sehingga membuat objek lebih menonjol dibandingkan latar belakang yang gelap.

5. Buat Foto HDR
Jika Anda ingin portrait statis tapi tidak dengan latar belakang yang gelap, buatlah foto HDR. Potretlah beberapa frame dengan exposure yang berbeda untuk disatukan menjadi sebuah portrait HDR yang akan membuat shadow dan highlight tersebar dengan baik dan merata di seluruh bagian frame. Teknik ini khususnya bagus jika digunakan dalam situasi dengan kontras tinggi dengan banyak area gelap dalam foto.
Baca Juga : Belajar Cara Teknik Foto HDR

Dan untuk pengaturan kamera, gumakan pengaturan kamera pada Mode Manual. Pengaturan ini memungkinkan anda untk mendapatkan kendali penuh terhadap setting kamera digital.

1. Atur Aperture semaksimal mungkin contoh : f/4.0 atau f/2.8.

2. Atur Shutter Speed pada 1/60, karena akan sulit memotret hanya menggunakan tangan pada kecepatan dibawah 1/60 detik. Sebagai acuan, jangan pernah memotret dengan shutter speed dibawah ukuran Focal Length yang kalian gunakan saat memotret dengan hanya menggunakan tangan. Contoh: jangan pernah memotret dengan Shutter Speed dibawah 1/50, jika menggunakan lensa prime 50mm dan memotret hanya dengan menggunakan tangan (tanpa tripod).
Baca Juga : Memahami Iso, Diafragma dan Shutter Speed

3. Anda akan membutuhkan Flash External, jika memungkinkan pantulkan cahaya flash tersebut ke langit-langit ruangan agar cahaya bisa lebih merata.

4. Lakukan uji coba dengan memotret beberapa kali serta melihat bagaimana hasilnya.

5. Jika hasil foto kurang terang, cobalah menaikkan ISO (dari 200 ke 400) sampai kalian mendapatkan hasil yang kalian inginkan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika sedang dalam mengambil foto dengan kondisi kurang cahaya dan di dalam ruangan. Dengan beberapa tips dan trik mengambil foto dalam ruangan di atas semoga bisa mambantu anda dan semakin membuat anda semakin menguasai teknik fotografi supaya bisa menghasilkan foto yang sangat bagus.

Silahkan baca juga artikel tengtang seputar dunia fotografi disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *