Teknik Fotografi Malam Hari Tanpa Menggunakan Flash

starburst_lampu_malamSaat ini sangat banyak sekali orang yang selalu mengabadikan momentnya di setiap saat. Namun disamping itu, ada beberapa kendala yang biasanya dimiliki orang tersebut, yakni jika mereka melakukan shoot dimalam hari. Hasil yang diperoleh memang berbeda, hal itu juga dikarenakan shoot photo memang harus membutuhkan pencahayaan yang baik.

Maka dari itu, disini kami akan memberikan sedikit trik untuk anda yang mengalami beberapa permasalahan terkait dengan hal tersebut. Agar bisa mengambil gambar dengan hasil yang maksimal, maka harus diperlukan trik sebagai berikut.

Tutorial Dasar Teknik Fotografi Malam :

1. Gunakan Format Raw
Kondisi di malam hari ini menjadikan anda tidak bisa menggunakan shutter secara cepat, hal itu dikarenakan pencahayaan yang sangat minim. Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut ada bisa menggunakan format Raw pada DSLR milik anda. Ya, dengan mendapatkan format Raw, berarti hasil dari foto yang kalian dapatkan lebih banyak mengandung informasi yang dapat diolah oleh piranti lunak anda.

2. Mode Manual
Dengan men-setting mode manual dari kamera slr anda, maka hasilnya juga akan sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan mode Manual tersebutlah anda bisa menentukan sendiri baik dari aperture dan kecepatan shutter pada kamera anda. Jika anda ingin memulai untuk pengambilan gambar, maka lakukan penanda pada objek kemudian kunci dengan fokus.

3. Gunakan Lensa Wide Angel
Lensa yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat jika anda menggunakannya di arena gelap atau area malam hari. Hal tersebut dikarenakan Lensa Wide Angel ini bisa memaksimalkan dari hasil pengambilan gambar yang anda lakukan. Lensa Wide Angel digunakan untuk mendapatkan pemandangan, cahaya, serta warna yang lebih kompleks.

4. Mirror Lock Up
Dengan mengaktifkan menu Mirror Lock Up, maka hasil gambar dari yang kalian ambil akan lebih bagus. Biasanya dengan menu luock up tersebut yakni dengan menggerakkan sedikit saat sudah mengunci fokus, maka hasil yang diperoleh akan lebih bagus.

Semoga dengan Tutorial Dasar Teknik Fotografi Malam di atas bisa menjadi referensi anda yang sedang melakukan hunting di malam hari.

BACA JUGA TEKNIK FOTOGRAFI LAINNYA atau
BACA JUGA BESIC FOTOGRAFI LAINNYA

Berikut contoh foto pada malam hari

3_20120514_11142791bulankerudung-malam1night

One thought on “Teknik Fotografi Malam Hari Tanpa Menggunakan Flash

  1. Pingback: Teknik Foto Backlight Cahaya Matahari Agar Menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *