Tips Membeli Kamera DSLR

Tips-Membeli-Kamera-DigitalMembeli Kamera – Pada kesempatan kali ini akan di bahas beberapa tips untuk membeli kamera yang baik dan sesuai keinginan anda. bagi kalian yang baru saja terjun ke dunia fotografi dan belum mempunyai kamera pasti akan kebingungan untuk memilih kamera yang bagus yang bisa digunakan dengan mudah saat awal berkecimpung di dunia fotografi.

Memiliki kamera untuk fotografer adalah hal yang paling penting, selain untuk bisa berfoto san mengabadikan berbagai aktivitas sehari-hari, juga dapat mengoleksi berbagai foto moment moment indah lainya. Jika anda sedang berencana membeli kamere digital, agar tidak salah pilih sebaiknya anda harus tahu dasar-dasar dalam memilih sebuah kamera yang anda inginkan.

berikut beberapa tips dalam memilih kamera yang baik:

1. Lifetime dan Kapasitas Baterai
Saat membeli kamera banyak orang yang mengabaikan baterai kamera. Tak sedikit orang memiliki kamera bagus dengan hasil yang baik tapi baterai kamera cepat habis. Tentu menjadi kurang efektif jika tidak diimbangi dengan baterai kamera yang juga dapat bertahan lama.

Justru banyak kamera murah yang memiliki ketahanan baterai cukup lama, sementara kamera dengan merek-merek terkenal banyak menghabiskan baterai. Jadi pastikan Anda juga mengetahui lifetime dan kapasitas baterai kamera yang akan anda beli.

2. Jumlah Pixel Kamera
Jumlah megapixel dari kamera digital menentukan kehalusan gambar yang Anda bidik. Biasanya jumlah berkisar dari 2 hingga 8 megapixel. Jika gambar tersebut hanya untuk diposting di web atau mengirimnya lewat email, hanya hanya membutuhkan megapixel yang kecil dan tidak lebih dari 2 megapixel. Namun, jika Anda berencana mencetaknya dalam ukuran besar, sebaiknya pilih kamera dengan jumlah megapixel yang besar, minimal 5 megapixel.

3. Zoom
Anda pasti ingin memiliki kamera yang dapat menjangkau objek lebih dekat. Pilihlah kamera yang memiliki zoom. Rata-rata digital kamera sudah memiliki zoom sendiri, tapi Anda harus memilih jenis zoom yang tepat. Sebaiknya pilihlah kamera digital yang memiliki label optical zoom, jangan digital zoom. Optical zoom dapat memperbesar gambar dengan hasil kualitas gambar yang baik.

Sementara digital zoom, bisa membuat gambar menjadi pecah atau kabur. Sebagai rekomendasi, pilihlah kamera digital yang memiliki kemampuan 3x zoom.

4. Kontrol Eksposur
Kontrol eksposur seperti kecepatan dalam mengambil gambar yang bergerak, bukaan lensa dan teknis-teknis lainnya. Memiliki kontrol eksposur yang lengkap dan manual cocok untuk fotografer profesional. Bagi Anda yang hanya ingin menggunakan kamera untuk sehari-hari, gunakan kamera digital biasa yang bentuknya tidak besar. Kamera digital yang biasa, pengaturannya sudah otomatis.

5. Flash
Pastikan kamera Anda memiliki flash. Cahaya yang keluar dari flash dapat membantu hasil gambar yang lebih terang saat di dalam ruangan.

6. Memory Card
Usahakan Anda membeli kamera yang memorinya dapat menampung foto yang banyak. Pastikan pula, dalam kamera digital tersebut tersedia tempat memory card sebagai memori tambahan.

7. Coba Sebelum Membeli
Sebelum membeli, cobalah kamera tersebut. Lihatlah hasil gambar dari kamera tersebut. Selain itu, Anda juga perlu tahu fitur-fitur lainnya. Saat ini sudah banya kamera digital dengan fitur yang menarik. Misalnya, hasil gambar bisa seperti lomo, fish eye dan bermacam-macam.

Itulah beberapa ulasan mengenai tips untuk memilih kamera yang baik. Semoga dengan beberapa tips di atas bisa anda gunakan sebagai referensi untuk memilih kamera yang anda inginkan dan bisa menghasilkan foto yang lebih bagus dan menarik.

BACA JUGA TEKNIK FOTOGRAFI LAINNYA atau
BACA JUGA BESIC FOTOGRAFI LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *