Tips Memfoto Object Saat Menghadap Cahaya Matahari

4612316499_cd07755d33Fotografi saat ini sudah sangat ramai dan banyak sekali orang orang yang senang sekali untuk berfotografi baik untuk memfoto lingkungan yang indah ataupun momfoto dirinya sendiri untuk di upload ke media sosial. Untuk kalian yang baru saja mengenal dan ingin menjajal berfotografi ada beberapa aturan dalam fotografi dan tentu saja di beberapa peraturan itu ada yang belum anda ketahui.

Satu peraturan lama dalam fotografi yaitu menghindari cahaya matahari tengah hari yang keras. tapi, seperti juga semua peraturan dalm fotografi, pelajarilah peraturanya lalu belajarlah untuk melanggarnya dengan efektif. Fotografer konservatif akan bilang bahwa cahaya siang adalah mimpi buruk dan lebih baik di hindari, tapi sebenarnya ini adalah salah satu peraturan yang bisa dengan mudah untuk di langgar.

Peraturan ini bisa dengan mudah di langgar kalau mengikuti beberapa tips foto yang berhasil di gunakan untuk tipe pencahayaan natural dan ambient.Salah satu peralatan yang bisa membantumu mengatasi cahaya siang hari yang terlalu terik adalah lensa telephoto medium (85mm-300mm). Jenis lensa ini memungkinkanmu untuk mendapatkan frame yang ketat di sekeliling objek dan mengurangi jathnya bayangan yang tidak di inginkan.

Bagi kalian yang belum tau cara mengatasi pencahayaan atau beleum tau untuk memotret saat di bawah terik atau pun saat mengahadap ke sinar matahari

Berikut adalah tips untuk memotret saat menghadap matahari :

1. Pindah ke bawah bayangan
Dengan objek yang sama, pindahkan ke bawah bayangan untuk mengurangi kerasnya cahaya. Utamanya jika objek mudah dipindahkan.

2. Buat Bayangan
Jika objek tidak bisa dipindahkan (misalnya saat memotret bunga dari jarak dekat/makro), maka buat sendiri bayangan yang dibutuhkan Bayangan bisa dibuat dari badan seseorang, benda yang besar, payung, hingga reflektor, yang bisa menahan sinar matahari.

3. Fill in Flash
Biasanya kita terlatih untuk menaruh cahaya matahari di belakang saat memotret, sehingga objek akan mendapatkan cahaya yang cukup. Memotret menghadap matahari memang akan memunculkan objek yang gelap atau pijaran lensa, namun hasilnya seringkali dramatis dan artistik. Solusinya, pakailah lampu flash untuk menerangi objek.

4. Pakai Reflektor
Cara lain untuk menerangni bayangan akibat sinar matahari langsung adalah dengan menggunakan reflektor. Benda ini berguna mamantulkan cahaya pada objek dengan baik karena memungkinkan kita memotret menghadap matahari.

5. Ubah Perspektif
Terkadang, memindahkan objek tidak mungkin dilakukan, misalnya jika targetnya memotret batu atau batang pohon. Tapi memindahkan sudut pandang dapat memberikan efek berbeda dan lebih baik. Caranya bisa dengan berpindah ke sisi lain benda, memotret dari atas, atau memotret dari bawah sambil tiarap.

6. Lindungi Lensa
Sering mendapat foto dengan pijaran lensa? Pakai pelindung lensa kamera jika ada. Bisa juga dibuat sendiri dari kertas. Cara lain yang praktis, pakai tangan untuk melindungi kamera dari pancaran sinar matahari langsung.

7. Filter
Filter bisa membantu saat memotret di terik matahari. Pakai aplikasi kamera untuk smartphone yang memiliki filter dan cobalah satu persatu, mana yang bisa memperbaiki hasil foto.

8. White balance
Mainkan wb di kamera dan kenali karakternya. Jangan mengandalkan ke setting auto.

9. Siluet
Jika terik matahari menyulikan pemotretan, buat saja foto siluet dengan objek menarik dan warna latar terang.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memotret saat menghadap ke sinar matahari.dan dengan beberapa tips atas semoga bisa mambantu dan bisa menjadi referensi bagi anda yang suka untuk berfotografi untuk menghasilkan foto yang lebih bagus.

Baca juga informasi seputar dunia fotografi disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *