Tutorial Manual Focus DSLR Dengan Mudah

3548da9Di era yang sekarang ini dunia fotografi sudah sangat marak dan kamera merupakan peralatan yang wajib di miliki oleh setiap fotografer.

Bisa jadi semenjak awal pertama seorang pembeli kamera digital, mode yang biasaya di pakai untuk memotret adalah mode Auto.

Alasan pertama memakai mode auto ini memang menjadi mode yang paling mudah di pakai dan relatif bisa diandalkan pada berbagai macam situasi tanpa takut hasil fotonya akan jelek dan mengecewakan, alasan Kedua mungkin karena kebetulan pada kamera digital itu hanya tersedia menu mode Auto saja sehingga terpaksa tidak bisa berkreasi dengan mode manual.

Pada umumnya kamera berjenis Point-and-Shoot dirancang sangat simpel dan tidak dilengkapi dengan banyak fitur manualnya layaknya kamera prosumer. Namun bagi anda yang memiliki kamera dengan fitur manual, akankan anda masih memakai mode auto.

Pada Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manu fitur manual yang ada di kamera digital yaitu fitur Manual Focus.

Untitled-1

Manual Focus merupakan suatu fitur yang begitu banyak di jumpai di kamera saku. Fitur manual fokus ini berguna apabila fitur auto fokus pda kamera gagal untuk mencari fokus yang di inginkan, seperti pada objek foto yang tidak punya cukup kontras untuk kamera mengunci fokus.

Untuk mendukung fitur manual fokus supaya menghasilkan foto yang lebih bagus maka di butuhkan fitur manual lainya yang akan berdampak bagus pada saat pengambilan gambar dan akan menghasilkan foto yang jauh lebih bagus tergantung kreasi anda, fitur manual pendukung tersebut yaitu fitur manual P/A/S/M dan Fitur Manual ISO.

Fitur P atau Program Mode (p) di sini biasaya huruf P kadang artinya di plesetkan sebagai ‘Pemula’ Kaeran sebenarnya di mode yang ini hampir sama seperti memakai mode Auto dan mode ini relatif aman untuk di pakai mode standart sehari hari. Fitur Manual A atau Aperture Priority yaitu pada mode ini optimal untuk mengontrol Depth-of-field (DOF) Dari Suatu Foto, dengan mengatur nilai bukaan diafragma lensa.

Fitur Manual S atau Shutter Priority yaitu pada mode ini merupakan kebalikan dari mode fitur manual A. di mana kita yang menentukan kecepatan Shutter sementara kamera akan mencari nilai bukaan Diafragma yang terbaik.Fitur Manual M atau Manual Mode yaitu pada level ini merupakan mode full- manual ini, Fotografernlah yang bertugas sebagai penentu baik nilai shutter maupun aperture.

Fitur Pendukung manual fokus lainya yaitu Manual sensitivity (ISO) yaitu pada fitur ini untuk menentukan tingkat sensifitas sensor terhadap cahaya sehingga semakin tinggi nilai ISO maka sensor akan semakin peka terhadap cahaya meski dengan resiko meningkatnya noise pada Foto. Fitur Iso ini akan menjadi pelengkap komponen eksposure selain shutter dan aperture terutama saat kombinasi shutter dan aperture belum berhasil mendapatkan nilai eksposure yang tepat.

Untitled-2

Dari beberapa penjelan manual fokus kamera digital di atas, semoga anda yang sedang memahami beberapa fitur kamera digital yang anda punya bisa paham dan di harapkan anda bisa mencoba-coba berkreasi dengan fitur- fitur tersebut dan bisa mendapatkan hasil foto yang bagus dan lebih memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *