Wisata Sejarah Monumen Kapal Selam Surabaya Jawa Timur

Mon.Kapal Selam SbyWisata Sejarah Monumen Kapal Selam Surabaya Jawa Timur

Pada tahun 1961 Indonesia pernah menjadi salah satu negara dengan militer yang paling di takuti di asia dan salah satu peralatan militer yang paling di takuti pada masa kejayaan tersebut yaitu kapal selam.

Pada saat itu Negara Indonesia mempunyai 12 kapal selam Whiskey Class buatan Uni Soviet yang merupakan salah satu kapal selam terbaik pada jamannya yang menyebabkan indonesia cukup di takuti pada masa itu oleh negara-negara barat.

Negara Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki wilayah laut yang luas. Itulah sebabnya untuk melindungi wilayah perairan indonesia di perluakan armada laut yang kuat. Salah satu armada laut yang menjadi andalan indonesia adalah kapal selam. Dan sejak negara indonesia memproklamasikan kemerdekaan, angkatan laut negara indonesia berupaya untuk memperkuat armada kapal selamnya.

Apabila anda penasaran dengan kapal selam milik negara Indonesia pada masa itu, Anda bisa menyaksikan salah satu kapal selam milik Indonesia tepatnya di kota Surabaya secara utuh dengan kelengkapan persenjataanya di Monumen kapal Selam yang di kelola oleh TNI AL.Monumen kapal selam di kota Surabaya ini di resmikan pada tanggal 27 Juni 1998 danterletak di samping salah satu sungai utama di Surabaya yaitu Kalimas samping Plaza Surabaya.

31.-4_-Monumen-Kapal-Selam

Untuk membawa kapal selam ke tengah kota Surabaya tidaklah mudah yaitu dengan kapal selam tersebut dipotong menjadi 16 bagian lalu di bawah ke area monumen kapal selam setelah itu di rakit kembali.Karena letak monumen kapal selam di pusat kota Surabaya sebagai kota Pahlawan, maka monumen kapal selam ini bisa menjadi sarana pendidikan yang mendidik sekaligus menghibur bagi anda dan kelurga.

Ketika anda berada di museum kapal selam ini anda akan melihat sebuah kapal selam yang berukuran cukup besar. nama dari kapal selam ini yaitu KRI Pasopati dengan nomor lambung 410, panjang dari kapal selma ini yaitu sekitar 76meter dengan lebar sekitar 6,3 meter.Kapal selam KRI Pasopati di buat pada tahun 1952 dan merupakan kapal selam bertipe SS Whiskey class kemudian di gunakan di Indonesia pada 15 Desember 1952.

Kapal Selam KRI Pasopati ini bergerak dengan Diesel ketika di permukaan dan bergerak dengan batere pada saat menyelam kecepatan maksimum kapal selam ini hingga 18.3 knot (sekitar 34 km/jam).

Kapal Selam ini juga di lengkapi dengan 4 buah peluncur torpedo di depan dan 2 buah di belakang dan mengakut 12 terpodo dengan maksimal awak kapal sebanyak 63 termasuk perwira. Selain itu juga kapal selam ini mampu menyelam hingga kedalam maksimal 250 meter bawah laut.

Pengunjung monumen kapal selam tersebut kita juga bisa masuk kedalam kapal selam tersebut dan ketika di dalam kala selam semua nya terlihat sangat asli dan menarik untuk di lihat.

Ketika sedang di dalam kapal selam anda tidak perlu kawatir kepanasan karena suh terpasang pendingin ruangan

Di dalam kapal selam ini di bagi menjadi 7 ruangan setiap ruangan di pisahkan oleh pintu, dimana setiap pintu harus tertutup ketika bertempur.

vb

Berikut ini 7 Ruangan Di KRI Pasopati:
Ruangan Terpedo haluan, di ruangan ini terdapat 4 peluncur terpedo dan juga terdapat terpedo cadangan.

Ruangan tinggal Perwira , merupakan ruang tingga atau lounge room untuk perwira sekaligus ruang makan dan tempat bekerja perwira dan di sini anda juga bisa menemukan kamar komando juga ruang penyimpanan batterai.

Ruang periskop, Merupakan ruang pusat pengoprasian kapal selam dan juga pusat informasi tempur (PIT).

8._Keadaan_isi_dalam_kapal_selam_dapat_pengunjung_lihat_di_Monumen_Kapal_Selam_ini_

monumen-kapal-selam-6

Ruang ABK , Merupakan ruangan untuk Beristirahat atau bersantai para ABK yang terdiri dari bintara atau tamtama. Ruangan Diesel Pendorong , merupakan ruangan yang berisi motor diesel sebagai pendorong utama saat kapal selam berada di permukaan.

Ruangan Listrik, Merupakan ruangan untuk motor listrik yaitu digukan untuk penggerak baling baling saat kapal menyelam.

Ruang Terpedo Buritan, Merupakan Ruangan yang berisi 2 buah peluncur terpedo buritan yang berfungsi untuk menyerang dan menghindar.

Koleksi-Monumen-Kapal-Selam-Surabaya

Tentu mengunjungi monumen kapal selam atau Monkasel bisa menjadi wisata keluarga yang mendidik.

Anda dan keluarga bisa lebih tahu tentang salah satu armada laut indonesia yang kuat yaitu kapal selam.

Untuk jam buka monumen kapal selam ini yaitu pada hari biasa buka pukul 08.00 – 21.00 Wib dan untuk hari libur atau weekend buka pukul 08.00- 22.00 Wib. Untuk kalian para pengunjung yang ngin datang ke Monumen kapal selam ini bisa ke Jl Pemuda no.39 Suarabya, jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *